April 12, 2010

Tips Pemasaran, Manfaatkan Jaringan Sosial On-line

Kata orang, ada sekitar 600 juta di dunia saat ini yang terlibat terlibat aktif dalam penggunaan jaringan sosial online, blog, dan situs foto. Bagi Anda yang bergumul di dunia pemasaran, maka memanfaatkan potensi ini, adalah sesuatu yang sangat menjanjikan. Nah kalau anda belum pernah mengikuti atau ingin memperluas jaringan yang dimiliki, maka tips-tips ini semoga akan bermanfaat dan bisa membuka peluang anda.

Pilih Yang Sesui
Jangan lupa, saat ini terdapat banyak sekali jaringan sosial di dunia maya, seperti Facebook, Friendster, Twitter, Flickr, MySpace dll. Jelas, dan pastilah tidak mungkin rasanya untuk mempunyai akun di semua jaringan itu. Karena itu anda harus bisa memilih, dan agar tidak salah dalam memilih ; Anda harus mengetahui tujuan membuat jaringan sosial tersebut karena setiap jaringan memiliki fungsi masing-masing, seperti apakah mau menambah teman? Mengetahui apa yang orang lain sedang lakukan? Mempromosikan berbagai karya musik dan video? Meski dalam setiap jejaring pada dasarnya anda tetap bisa memanfaatkannya bagi kepentingan pemasaran produk anda; hanya saja, caranya yang berbeda.

Jangan Latah

Setelah anda mempunyai jejaring social dimaksud, maka sebagai nahoda, anda harus focus untuk tetap memonitor arah yang anda tuju, segmen anda harus sedapat mungkin tetap terpelihara. Bagaimanapun untuk memiliki jaringan sosial online yang sukses, Anda harus mengecek dan mengarahkan setiap perkembangan terbaru untuk kepentingan anda sendiri, dan hal seperti itu perlu anda lakukan dalam setiap harinya. Jangan malah latah, dan hanyut dalam emosi jejaring.

Kemas Dengan Baik
Dalam bersahabat, buatlah segala sesuatunya tampil secara alami. Tetapi tetaplah tampilkanlah informasi tentang diri kamu dengan baik, berikan “brand”, tetapi jangan terlalu berlebihan. Karena hal seperti itu akan membuat orang akan lebih kritis dan juga dapat menarik perhatian cyber-stalkers.

Selalu Ada

Pastikan komunikasi yang anda bangun tetap terjaga, usahakan agar terus berhubungan dengan teman-teman secara rutin; misalnya kalau ada kegiatan di jejaring ya ikuti saja, kalau ada diskusi juga ikuti, memperbaharui status, atau rajin memberikan komentar, tentunya komentar yang berkualitas. Maksudnya komentar yang anda berikan, janganlah berlebihan, jangan pula terlalu menempatkan missi kamu jadi terlihat mencolok; buat terlihat secara alami; karena kalau tidak, bisa-bisa kamu malah di cap sebagai 'spammer' oleh teman-teman jejaring mu.

Nikmati Aja

Apapun missinya, buatlah sederhana dan bayangkan bahwa berhubungan dalam jaringan sosial online sangat menyenangkan, menjalin persahabatan. Kalau anda menyenananginya, maka tidak terasa, Anda bisa menambah teman, bersosialisasi, dan berbagi kepentingan yang sama dan pada ujungnya juga memasarkan produkmu.

No comments: